Identifikasi Strategi Bersaing PT. Adira Dinamika Multifinance, Tbk cabang Baturaja

  • Firdaus Firdaus Universitas Pamulang
Keywords: Matrix IFE, Matrix EFE, SWOT, Matrix IE, QSPM

Abstract

The study was conducted at Adira Finance Baturaja Branch. Types of data used are primary and secondary data that are through interviews and questioners to Chairman Branch, business partners and the respondents as many as 100 people. The method of analysis used through three stages; the first stages, the input stage, using matrix analysis EFE and IFE matrix analysis with total score of each were 3,25% and 3,00%; the second stage, the matching stage, using SWOT analysis and IE Matrix Internal External where Adira was on quadrant I that position to grow and built with the selection of alternative strategy is an intensive strategy; the third stage, decision stage, using analysis QSPM with priority strategy is market penetration.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal serta strategi bisnis yang sesuai dan cocok pada PT. Adira Finance, Tbk Cabang Baturaja kedepan sehingga mampu bersaing dan maju berkembang untuk masa yang akan datang. Penelitian dilakukan pada Adira Finance Cabang Baturaja. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder melalui wawancara dan kuesioner kepada Pimpinan Cabangperusahaan, mitra bisnis dan responden sebanyak 100 orang. Metode analisis yang digunakan melalui tiga tahapan; tahapan pertama disebut dengan penginputan data menggunakan analisis matrik EFE dan analisis matrik IFE dengan total skor masing-masing 3,25% dan 3,00%; tahapan kedua mencocokkan data menggunakan analisis SWOT dan IE Matrik Internal Eksternal dimana adira berada pada kuadran I yaitu posisi tumbuh dan membangun (growth and built) dengan pemilihan strategi alternatif (strategi yang intensif); dan tahap ketiga tahap keputusan menggunakan analisis QSPM dengan prioritas strategi (penetrasi pasar).

 Kata Kunci : Matriks EFE, Matrik IFE, SWOT, Matrik IE, dan QSPM

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-03
How to Cite
Firdaus, F. (2019). Identifikasi Strategi Bersaing PT. Adira Dinamika Multifinance, Tbk cabang Baturaja. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 3(2), 207 - 220. https://doi.org/10.33753/mandiri.v3i2.81
Section
Articles